Minggu, 29 Desember 2013

Inilah 6 Budaya Jepang Yang Digilai Anak-Anak Muda Di Indonesia


Masyarakat Indonesia waktu ini tampaknya amat menyukai aneka macam budaya dari negara-negara lain. bila dulu budaya barat kayak  musik serta film yang menginvasi anak muda kita, sekarang negara-negara di Asia tampaknya pun telah berhasil merebut perhatian masyarakat Indonesia.

Salah satu contohnya merupakan Jepang. Bukan rahasia lagi bila di Indonesia ada tak sedikit sekali anak muda yang menggilai budaya Jepang. serta berikut merupakan 6 contoh budaya Jepang yang disukai oleh anak-anak muda Indonesia.



Inilah 6 Budaya Jepang Yang Digilai Anak-Anak Muda Di Indonesia


1. Manga atau komik Jepang

Poin pertama ini mungkin jadi salah satu perihal yang paling tak sedikit disukai masyarakat Indonesia. Komik-komik Jepang telah semenjak lama merambah pasar nasional serta kerap laris manis. Mulai dari macam-macam serial cantik, komik detektif, komedi, serta lain-lain.

"Saya suka komik Jepang semenjak 3 tahun lalu karena ceritanya seru serta alurnya pun asik. Genre favorit aku yang berbau komedi. serta selain membaca biasanya aku pun coba gambar-gambar manga sendiri," ujar Hugo, salah satu pengunjung Jogja Japan Week 2015, pada brilio.net, Minggu (6/9).

2. Cosplay

Nah ini nih contoh lain budaya Jepang yang pun tak sedikit sekali peminatnya. Bahkan tak jarang pula tak sedikit event di Indonesia yang khusus dibuat untuk orang-orang yang menyukai cosplay (costume play). Event yang menyuguhkan cosplay tentu aja ditunggu tak sedikit orang karena mereka dapat melihat aneka macam tokoh anime serta manga favorit mereka di dunia nyata.

"Sudah 3 tahun aku ikutan cosplay serta tiap cosplay aku kerap menggunakan kostum yang berbeda. Alasan aku suka cosplay sih agar dapat mendalami karakter di anime atau manga kesukaan saya," cerita Danish, anak muda yang mengagumi cosplay.

3. Musik

Siapa bilang orang Indonesia cuma mendapatkan musik-musik barat, melayu, India, serta K-Pop? Nyatanya popularitas J-Pop atau Japanese Pop serta musik jepang lainnya semakin meroket aja di kalangan anak muda. Bahkan salah satu band kenamaan Indonesia, yaitu J-Rock pun disebut-sebut mendapatkan pengaruh besar dari musik-musik Jepang.

"Musik Jepang itu asik, iramanya buat semangat. Jadi meskipun aku nggak paham liriknya serta nggak tau artinya yang penting enak dapat dinikmati siapa pun," jelas Yoru yang pun salah satu penggemar cosplay.

4. Anime

Selain manga, anime atau film kartun Jepang pun amat digemari hampir semua orang di Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti tak sedikit yang mengikuti aneka macam anime Jepang.

"Suka anime dari kecil, karena wajahnya yang digambarkan mirip kayak manusia cantik, cute, body idaman para wanita. Untuk yg karakter cowoknya ganteng , cool, bajunya unik serta keren," cerita Ita yang telah puluhan tahun menggemari anime.

5. Action Figure

Bagi para kolektor action figure atau mainan miniatur tokoh-tokoh anime Jepang, mereka mengenal dua jenis mainan yang dikenal dengan istilah figma serta nendo.

Figma seorang diri merupakan karakter kartun Jepang dengan postur tubuh kayak manusia asli serta dilengkapi engsel yang membuatnya mudah digerakkan. Sedangkan Nendo cenderung berukuran mini serta chubby dengan jumlah engsel terbatas. Selain mengoleksi, mereka biasanya pun hobi memotret mainan mereka.

"Suka motretnya karena foto mainan itu lebih asik serta menantang. Dimana kita harus memposisikan mainan tersebut agar kelihatan lebih hidup," ujar Skolastika yang senang mengoleksi action figur bersama dengan suaminya.

6. Dorama

Dorama atau drama Jepang pun dapat dibilang salah satu perihal yang paling ditunggu oleh para penggemarnya. Drama yang menyuguhkan cerita kekinian dengan tokoh-tokoh idola sepertinya jadi perihal yang menarik untuk tak sedikit orang.

"Nonton dorama itu lebih asik daripada drama dari negara yang lain-lain. Ceritanya unik kebanyakan adaptasi dari komik atau manga, jadi seru serta penasaran gitu. Belom lagi biasanya pemerannya ganteng, keren, unyu," ungkap Ita, pengunjung Jogja Japan Week 2015 lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar