Kamis, 10 Oktober 2013

Gempa Besar Mengguncang Kumamoto, Jepang!


Beberapa hari lalu, musibah besar menghampiri saudara-saudara kita di Jepang. Gempa mayor terjadi berulang kali dalam beberapa hari terakhir di Kumamoto, Pulau Kyushu, Jepang. Jepang yang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Asia Timur, merasakan tak sedikit kehilangan.


Kumamoto, kota dengan sejuta pesona akan membuatmu enggan meninggalkannya.



Gunung Aso di Kumamoto merupakan gunung dengan salah satu kaldera terbesar di dunia via blog.japancentre.com

Memang, Kumamoto tak seterkenal kota-kota mainstream di Jepang lainnya kayak Tokyo ataupun Osaka. Karena lokasinya berada di Pulau Kyushu serta terpisah dari Pulau Honshu, pulau utama sekaligus terbesar di Jepang. tapi, tak sedikit lokasi-lokasi menarik yang sayang untuk dilewatkan bila berkunjung ke kota ini.

Kurokawa Onsen, kota seribu sumber mata air panas.



Kurokawa Onsen via www.kurokawaonsen.or.jp

Kumamoto terkenal dengan sumber mata air panas. Ada pelbagai ryokan, hotel yang menawarkan fasilitas onsen, yang bebas kamu pilih. Nah, di Kurokawa ini tak sedikit ryokan–ryokan yang dapat kamu pilih sesuai selera. Mandi di air panas bukan cuma ada di anime aja.

Suasana Istana Kumamoto akan membawamu kembali ke era daimyo berkuasa.


Kastil Kumamoto via pixabay.com

Jepang memang terkenal dengan kehebatannya dalam menjaga budayanya. tak sedikit kastil-kastil era kekaisaran yang masih berdiri tegak. Salah satunya Kastil di Kumamoto ini. Kastil ini telah berdiri semenjak 1600an. Selain itu ada 800 bunga sakura yang ada di Kastil ini. Nah, maka dari itu kastil ini jadi salah satu Chery blossom spot paling populer di Jepang terutama pada akhir Maret hingga awal April.

Lalu, semua berubah dikala gempa menyerang!



Kumamoto earthquake via facebook.com

Di tengah merekahnya bunga sakura, musibah besar datang menghampiri pulau Kyusuhu. Gempa bertubi-tubi datang menghampiri pulau tersebut. Gempa pertama sebesar 6.5SR terjadi pada hari Kamis, 14 April 2016. Kemudian disusul gempa berkekuatan 6.4SR pada hari Jumat serta yang terbesar, 7.3SR pada hari Sabtu. Tercatat ada 410 goncangan di Kyushu dengan 162 goncangan di atas 3.5SR. Wow, mengerikan sekali!

Dihujam rindu bertubi-tubi aja buat sakit, apalagi gempa yang bertubi-tubi.


akibat gempa bertubi-tubi via facebook.com

Tak ayal, karena gempa itu tak sedikit penduduk yang kehilangan rumahnya. 2000 orang luka-luka serta 41 orang dikabarkan meninggal setelah kejadian ini. Beberapa terperangkap di bawah punig-puing bangunan. bila terperangkap dalam kenangan aja susah untuk keluar, apalagi terperangkap dalam reruntuhan bangunan.

Kastil Kumamoto yang megah pun tak kuasa menahan kekuatan gempa.


Kumamoto castle setelah gempa via www.straitstimes.com

Kastil Kumamoto yang begitu mengagumkan pun ikut remuk mendapat serangan gempa bertubi-tubi. Padahal kan, mengagumkan banget.

Jalan-jalan utama terputus serta rusak parah membuat evakuasi semakin berjalan lambat.


Jalan-jalan utama terputus via www.ibtimes.com

Jalan-jalan utama di Kumamoto ikut hancur pasca gempa dahsyat beberapa hari yang lalu. perihal ini jadi krusial mengingat akses bantuan jadi kian susah masuk ke lokasi bencana.

jikalau terperangkap dalam kenangan aja susah keluar, apalagi terperangkap di bawah reruntuhan bangunan?


Mencari Korban yang terperangkap via www.japantimes.co.jp

Anjing pelacak dikerahkan untuk mencari korban-korban yang masih terjebak di reruntuhan puing bangunan. Yah, semoga mereka selamat ya.

Beberapa berusaha mengumpulkan sisa kenangan bahagia yang tersisa dari tempat kita tinggal mereka.


Mengumpulkan sisa-sisa kenangan via facebook.com

Di balik puing-puing bangunan yang luruh hasil gempa, masyarakat Kumamoto mengumpulkan sisa-sisa kenangan yang tersisa serta pasti barang-barang yang masih dapat diselamatkan.

Beberapa membuat tenda karena belum ada tempat tinggal yang tersedia.


Mendirikan tenda via facebook.com

Tenda merupakan pilihan paling aman dikala gempa susulan masih senantiasa datang. Maka wajar pasca terjadi gempa bumi besar di Jepang, warga Kumamoto tinggal sementara di tenda-tenda darurat.

Melihat sedih yang mereka alami, yuk jangan segan-segan bantu mereka. Minimal jangan pernah bosan untuk mendoakan mereka. Sebagai sesama manusia serta negara yang sering memperoleh bencana gempa bumi, pastikan ada Jepang dalam doamu. Semoga keselamatan diberikan pada mereka. Amin.

Sumber: hipwee.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar