Kamis, 24 Oktober 2013

Fakta Unik Masyarakat Jepang Dalam Menabung dan Mengelola Keuangan


Cara menabung masyarakat Jepang- Jepang terkenal sebagai salah satu negara di Asia dengan  perekonomian terbaik karena perkembangan teknologi dan industrinya yang semakin pesat.

Meskipun begitu terdapat keunikan terkait fakta cara mengelola keuangan masyarakat Jepang yang ternyata saat krisis financial global nilai tabungan mereka mencapai tertinggi nomor 2 di dunia sesudah bangsa Italia. Uniknya karena cadangan uang Negara yang cukup besar sehingga berkat cara mengelola keuangan masyarakat Jepang tersebut perekonomian mereka tidak terpengaruh krisis global sama sekali.


Hebat bukan, pastinya kamu penasaran bagaimana canggihnya masyarakat Jepang dalam mengelola dan menabung uang mereka. Mari kita intip informasi terkait cara menabung masyarakat Jepang selengkapnya.

1. Suka berhemat

Cara mengelola keuangan masyarakat Jepang tidak hanya berhemat dalam hal uang namun juga tenaga dan waktu. Orang Jepang sangat mempercayai penyia-nyiaan dan pemborosan uang, waktu dan tenaga wajib dihindari untuk mendongkrak daya pengeluaran agar optimal dan setiap pekerjaan dipastikan dilakukan sebaik mungkin.

Orang Jepang begitu menghargai waktu dan ketika bekerja jarang mengobrol. Mereka memanfaatkan waktu dengan begitu efisien, ketika perjalanan kecuali mengemudi mereka selalu meluangkan waktu yang sebentar untuk membaca sehingga mereka terkenal sebagai bangsa yang hobi membaca. 

Dengan pemakaian waktu yang efisien mereka dapat memperoleh sesuatu yang lebih berkualitas, cepat dan lebih banyak yang mampu meningkatkan hasil produksi dan mensejahterakan hidup mereka.

2. Alokasi pendapatan untuk kebutuhan pokok

Apabila penghasilan mereka besar, pendapatan mereka dialokasikan terutama untuk membeli kebutuhan yang benar-benar pokok dan menabung. Sudah menjadi tradisi yang turun menurun di Jepang untuk menyimpan uang mereka. Keadaan mereka yang sering dilanda gempa bumi dan kondisi geografis yang bergunung-gunung mengajarkan mereka siaga untuk menghadapi seluruh kemungkinan dengan cara mengelola keuangan masyarakat Jepang yang mereka terapkan.

3. Selalu menabung

Ketika orang Jepang memperoleh pendapatan yang besar dari kerja kerasnya apakah mereka membelanjakan seluruh penghasilannya? Pastinya tidak kawan karena pengeluaran di Jepang juga sangat besar. Kamu bisa membayangkan untuk menikmati secangkir kopi saja mereka harus merogoh kocek hingga 20 US$. Cara menabung masyarakat Jepang masih tetap diterapkan meskipun pengeluaran mereka juga besar.

4. Tidak ber-style mewah meski mereka bisa

Orang jepang tidak suka hidup sangat mewah bahkan hidup berlebihan meski mereka sanggup melakukannya. Selain itu mereka juga tidak suka berhutang sebab melibatkan harga diri mereka.
Cara mengelola keuangan masyarakat Jepang ini sangat berbeda dengan negara lain yang justru menumpuk hutang semisal dengan kartu kredit dll untuk memenuhi segala keinginannya.

System perekonomian yang bagus di Jepang salah satunya ditunjang oleh cara mengelola keuangan masyarakat Jepang  yang begitu bagus sehingga dalam krisis globalpun sama sekali tidak menyenggol perekonomian mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar