Rabu, 20 November 2013

Jangan Lakukan 8 Hal Ini di Jepang


Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung. Pepatah lama itu harus kita ingat ke manapun kita pergi. Aturan serta kebiasaan masing-masing wilayah apalagi Negara telah tentu berbeda. Kita sebagai pendatang wajib menyesuaikan diri dengan kebiasaan tempat yang kita datangi. Nah, kalo sedang berkunjung ke Jepang, apa aja ya hal-hal yang tak boleh kita lakukan?


1. Jangan pernah lupa menambahkan kata san, di belakang nama seseorang, karena akan terdengar tak sopan bila kita memanggil seseorang tanpa tambahan san ini. Jangan pun menggunakan kata anata (kamu) dikala sedang ngobrol dengan orang lain, panggil aja namanya.

2. Dikala sedang makan jangan pernah menambahkan kecap pada nasi putih. Ini dianggap tak sopan oleh orang Jepang. Sebaliknya, mengangkat mangkok dikala makan nasi atau mie, serta mengeluarkan suara sruputan dikala sedang makan mie, dianggap perihal yang wajar oleh orang Jepang. Selain itu jangan pernah menyisakan makanan dikala sedang makan.

3. Dikala sedang menggunakan sumpit, jangan pernah menaruhnya dengan posisi tertancap di nasi, serta jangan pernah memindahkan makanan langsung dari sumpit ke sumpit dengan orang lain, karena perihal tersebut mengingatkan dengan penggunaan sumpit pada upacara kematian. serta jangan menjilat sumpitmu seenak apapun makanan yang kamu makan.

4. Jangan menelepon dikala sedang berada di dalam kereta! Bahkan bila kamu duduk di dekat priority seat (kursi khusus untuk orang tua, penyandang cacat, ibu hamil, serta ibu yang membawa anak-anak), kamu harus mematikan dering telepon genggammu. Menelepon di kereta akan mengganggu orang-orang di sekitarmu, orang-orang dalam kereta, sedangkan mematikan dering telepon genggam bila berada di dekat priority seat bertujuan agar orang tua atau penyandang sakit jantung yang duduk di priority seat tak kambuh sakit jantungnya karena kaget mendengar telepon genggammu berbunyi tiba-tiba.

Baca Juga Nanti: Peraturan Sekolah Yang Aneh Ini Bisa Dijumpai di Jepang

5. Jangan pernah memberi tip di Jepang! Memberi tip di rumah makan atau restoran bahkan dianggap sebagai penghinaan.

6. Jangan marah dikala kamu sedang berdiri tiba-tiba ada yang mendorongmu. Itu artinya kamu berdiri di tengah jalan serta menghalangi jalan orang lain. Segeralah menyingkir.Jangan berdiri sembarangan dikala sedang menaiki escalator! Orang jepang punya aturan tak tertulis perihal ini. bila kamu sedang berada di tempat Tokyo, escalator sebelah kanan merupakan untuk orang yang santai, sedangkan sebelah kiri untuk orang yang buru2 (naik escalator sambil berjalan), sedangkan di Osaka berlaku sebaliknya.

7. Dikala kamu sedang menghadiri sebuah acara “Nomikai” atau Japanese drinking party, jangan pernah minum bir di gelasmu duluan. Tunggu samapi seseorang menyampaikan kata-kata pembukaan lalu setelah berkata “kampai” bersama-sama yang lain barulah boleh minum bir di gelasmu.

8.Jangan pernah terlambat!! Ini perihal terpenting yang harus kamu perhatikan bila ingin mendapat penilaian yang baik dari orang Jepang. Mereka paling tak suka menunggu orang yang tak tepat waktu. bila kamu dengan amat terpaksa terlambat, teleponlah mereka, jelaskan alasanmu kenapa dapat hingga terlambat, serta sebutkan berapa lama kamu akan terlambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar