Jumat, 22 November 2013

Inilah 11 Ucapan Maaf Jika Kamu Berada di Jepang


"Maafin ya," kalimat kayak itulah yang biasa kita dengar waktu orang Indonesia meminta maaf. Bagaimana pun konteks kalimat permintaan maafnya, kerap terselip kata 'maaf' karena memang Indonesia tak punya kosa kata lain yang menunjukkan permintaan maaf. Di Jepang, saat meminta maaf tergantung pada situasi dan kondisi.

Berbeda dengan Jepang, Negeri Sakura ini punya 11 kata permintaan maaf untuk aneka macam konteks. Iya, orang Jepang memang terkenal amat sopan.


Inilah 11 Ucapan Maaf Jika Kamu Berada di Jepang


1. Sumimasen

Sumimasen merupakan salah satu kalimat yang akan cukup tak jarang kamu dengar waktu mengunjungi Jepang. Sumimasen merupakan permintaan maaf untuk sebuah salah ringan. Misalnya waktu kamu tak sengaja menginjak kaki orang di tengah keramaian stasiun, ucapkanlah sumimasen.

2. Shitsurei

Dalam Bahasa Indonesia Shitsurei dapat berarti kayak kata 'permisi'. Misalnya waktu kamu harus mengambil sumpit waktu berada di rumah makan, yang berada di meja orang yang tak kamu kenal maka ucapkanlah shitsurei.

3. Shikkei

Shikkei memiliki makna yang sama dengan shitsurei. tetapi biasanya cuma digunakan oleh mereka orang tua yang telah bekerja. Anak-anak muda tak pernah menggunakan kata ini.

4. Shitsureishimashita

Shitsureishimashita merupakan kalimat yang lebih formal dibandingkan dengan shitsurei. Contoh penggunaannya merupakan waktu kamu tak sengaja menumpahkan minuman ke baju orang lain.

5. Gomen

Gomen merupakan permintaan maaf yang amat tak formal, kamu sebaiknya cuma menggunakan kata gomen pada kawan dekat, sahabat serta keluarga. Gomen merupakan kata slang kependekan dari gomenasai. Katakan ini waktu kamu terlambat datang janjian.

6. Gomen ne

Gomen ne dalam Bahasa Indonesia dapat berarti 'maafkan aku, oke?'. Biasanya kalimat ini cuma digunakan para cewek-cewek pada kawan ceweknya juga. bila kamu laki-laki tetapi pakai kata gomen ne, maka akan terdengar feminin.




7. Gomenasai

Gomenasai merupakan bentuk formal dari kata Gomen, tetapi walaupun terdengar formal kamu cuma dapat menggunakannya pada sahabat atau keluarga. Biasanya kalimat ini digunakan oleh anak pada orangtuanya waktu dimarahi.

8. Sumimasen deshita

Sumimasen deshita merupakan bentuk formal dari Sumimasen. Kata ini dapat kamu katakan pada atasanmu waktu kamu tertangkap basah sedang tidur waktu waktunya bekerja.

9. Moushiwake gozaimasen deshita

Moushiwake gozaimasen deshita merupakan permintaan maaf yang amat sopan serta formal. Biasanya cuma digunakan waktu kamu melakukan salah besar. Kalimat tersebut biasa keluar dari mulut seorang CEO perusahaan yang mengeluarkan salah dalam produknya.

Baca Juga: Uang 100 Miliar Dollar Hanya Bisa Membeli 3 Telur Di Zimbabwe

10. Moushiwake arimasen deshita

Kalimat ini bahkan lebih formal daripada Moushiwake gozaimasen deshita. Biasanya permintaan maaf ini dikeluarkan oleh perusahaan yang telah memproduksi barang yang berbahaya.

11. Makoto ni moushiwake gozaimasen deshita

Kalimat ini biasa diucapkan oleh samurai atau ninja yang dicopot jabatannya secara tak hormat karena aneka macam hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar