Kamis, 19 September 2013

Jepang Tak Pernah Bosan Rancang Teknologi Super Cangih! Kali Ini Berupa Kereta Ninja


Teknologi Super Canggih Dari Jepang - Kereta Ninja

Jaringan kereta Jepang tengah merancang sebuah kereta ekspres yang mulus menyatu dengan lingkungannya, tak terlihat. Jepang terkenal dengan harmoni antara teknologi, desain serta alam. Negara matahari terbit itu pun memiliki jaringan kereta api yang cukup mengagumkan, yang menawarkan kereta tercepat di dunia. Jadi, tak mengherankan bahwa jaringan kereta Jepang tengah merancang sebuah kereta ekspres yang mulus menyatu dengan lingkungannya.

Kazuyo Sejima, seorang arsitek terkenal Jepang tengah ditugaskan oleh Seibu Railways untuk merancang konsep Kereta Tak Terlihat. pasti saja, tak ada sihir yang terlibat. Kereta benar-benar akan memberikan kesan ini, dengan menggunakan cermin semi-reflektif pada eksteriornya, mencerminkan lanskap sekitarnya. Meskipun proyek itu waktu ini masih dalam tahap konsep, mereka mengatakan tujuh dari kereta ini dapat bergulir melalui pedesaan amat mengagumkan serta kota-kota Jepang paling lambat tahun 2018.

Sementara ini merupakan proyek pertama Sejima dalam merancang kereta, tetapi ia memiliki tak sedikit pengalaman merancang bangunan dengan gaya reflektif yang sama. Ia pun telah meraih gelar Pritzker Architecture Prize, penghargaan yang sering disebut sebagai Nobel dalam dunia arsitektur.

"Konsep proyek diperkenalkan pada saya sebagai 'sebuah kereta ekspres baru terbatas yang tak terlihat," kata Sejima dalam siaran pers.

"Kereta terbatas ini akan melaksanakan perjalanan di aneka macam pemandangan yang berbeda, dari pegunungan Chichibu, ke tengah Tokyo, serta saya pikir itu akan baik, bila kereta dapat aktif berdampingan dengan aneka macam pemandangan. Saya pun menginginkan kereta itu jadi transportasai, dimana sejumlah besar orang dapat bersantai dalam kenyamanan, dengan cara mereka sendiri, kayak ruang tamu, sehingga mereka berpikir 'saya berharap untuk naik kereta itu lagi.' " tambah Sejima.



Sumber : nationalgeographic.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar