Minggu, 02 Februari 2014

Tingkat Kecakapan Menulis Dan Membaca, Di Jepang Hampir 100%


Jepang merupakan Negara adidaya yang memiliki sumber daya manusia dengan tingkat kecakapan menulis dan membaca yang tinggi hampir 100%. Jepang memiliki banyak perusahaan besar yang sangat berpengaruh di dunia seperti Toyota, Honda dan lain-lain. Lantas apa yang menjadi alasan tingkat kecakapan menulis dan membaca di Jepang sangat tinggi?



Tingkat Kecakapan Menulis Dan Membaca, Di Jepang Hampir 100%


Alasan pertama adalah orang Jepang senang mengkonsumsi ikan

Sushi adalah makanan favorit di Jepang. Nah di dalam sushi tersebut pasti terdapat ikan dan sayuran yang menyehatkan. Ikan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan karena mengandung asam amino essesial yang merupakan jenis protein yang lebih mudah dicerna dari pada protein hewani. Bukan hanya itu saja, ikan juga mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan, Omega 3 dan DHA yang baik untuk kecerdasan otak. 

DHA berperan penting dalam susunan jaringan otak terutama untuk otak bayi. Ikan yang biasa mereka konsumsi adalah ikan salmon, tuna, tengiri, maccarel dan lain-lain. Ikan laut memang merupakan sumber vitamin A, B, D dan mineral. Mineral yang terkandung dalam ikan adalah yodium, kalsium, zat besi dan zanic. Zanic berguna sebagai antioksidan yang bisa mencegah kerusakan DNA dan mencegah penuaan dini.

Alasan kedua adalah orang Jepang suka makan sayur

Sayur adalah salah satu kebutuhan tubuh yang sangat penting karena dapat memberikan berbagai nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan termasuk kesehatan otak.

Tingkat kecakapan menulis dan membaca yang tinggi juga karena orang Jepang tidak suka makanan manis. Memakan makanan manis terlalu banyak dapat mengganggu kesehatan karena akan terjadi peningkatan lemak jahat di dalam tubuh. Badan yang tidak sehat juga mempengaruhi kesehatan otak.
Orang Jepang memilih untuk memakan makanan yang sehat ketimbang makanan yang enak. Hal inilah yang menjadikan tingkat kecakapan menulis dan membaca sangat tinggi karena semenjak kecil para anak Jepang sudah memiliki kecerdasan yang luar biasa sehingga mudah sekali menerima, mengerti dan memahami pelajaran baru yang diajarkan seperti membaca dan menulis.
Kemampuan menghapal orang Jepang memang luar biasa sehingga hampir semua masyarakat di Jepang cakap dalam baca tulis mulai dari anak-anak sampai yang lanjut usia.

Hal ini juga dikarenakan tingkat perekonomian masyarakat Jepang yang hampir semua sejahtera. Tidak seperti di Negara lain, hampir tidak ada anak disana yang tidak mengikuti pendidikan pembelajaran di sekolahan.

Mereka belajar sejak kecil dengan sistem pendidikan yang berkualitas tinggi.  Tingkat kecakapan menulis dan membaca di Jepang memang tidak perlu di ragukan lagi, hal ini dikarenakan kebiasaan masyarakatnya baik dalam hal makanan ataupun pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar